Facebook Like And Send

Pages

Wednesday, November 17, 2010

Lapis Legit









Lapis Legit Ny. Liem ( 1/2 resep)

Bahan:
A.
  25 butir Kuning Telor
150 gr Gula Halus ( saya : 200 gr)
1/2 sdt vanili bubuk
B.
200 gr Butter ( saya : 250 gr)
150 gr Margarine ( saya : 100 gr)
2 sdm Susu Kental Manis
C.
35 gr Tepung Terigu ( saya : 30 gr)
10 gr Susu Bubuk     
 1/2 sdm bumbu spekuk

Cara Membuat:
1. Kocok Bahan B sampai lembut & putih. Sisihkan.
2. Ayak bahan C jadi satu, sisihkan.
3. Kocok Bahan A sampai naik & kental. Masukkan bahan B, kocok rata. Masukkan bahan C,  aduk rata dengan spatula.
4. Tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti & dioles mentega, aku pake loyang kotak 18 x 18 cm.
5. Oven dengan menggunakan api atas dengan suhu 170'C selama 7 menit.
6. Angkat dari oven, tekan2 permukaan cake dengan penekan khusus lapis legit , kemudian  tuangi lagi dengan 1 sendok sayur adonan cake keatas lapisan pertama, ratakan. Panggang dengan api atas selama 7 menit. Lakukan sampai adonan habis.
7. Untuk lapisan terakhir, panggang dengan api atas bawah selama 10 menit.

11 comments:

  1. mbak..saya pengin coba buat ini. masih penasaran kalau belum bisa. mau coba resepnya mbak, tapi deg2an...telornya banyak amiiiirr :))
    ada tips khusus nggak? yang suka bikin gagal apanya? tlg infonya ya mbak...saya tinggal di negri orang, jadi kalo kangen sama lapis legit ya hrs buat sendiri...:)
    thanks b4

    ReplyDelete
  2. halo mbak Diny,

    Mbak ikutin cara buatnya seperti di atas ya, semoga berhasil, karena menurut saya membuat adonan lapis legit gak susah asal telor dan gula halus di kocok hingga kental lalu masukkan mentega kocok yg sdh di kocok hingga fluffy, aduk hingga rata, bisa jg dgn mixer speed 1 lalu masukkan campuran ayakkan tepung, aduk lg hingga rata. Resep diatas sdh saya modifikasi sampai sesuai selera saya, kalo gak salah sdh yg ketiga kali buat. Awal2 buat selalu kering krn apinya kebesaran ato kurang matang sehingga agak2 basah gt. Jadi kuncinya kenali oven mbak dl, atur apinya hingga sesuai ya.

    ReplyDelete
  3. oia...lapis legit yang ini, teksturnya lembab, atau agak kering spt LL merk Mo**ca? kemaren dikirimin LL sama temen yang pakai 30 kng telur, saya kurang suka. teksturnya lembab 'n eneg
    tfs ya mbak...

    ReplyDelete
  4. aku malah blm pernah coba LL yg mbak sebut itu, dr gambarnya kok kayak kering gitu:-) biasanya wkt blm bisa bikin minta di bawain nyokap pas dtg. LL resep di atas lembab tapi gak basah, mbak Diny, krn aku jg eneg sama LL yg basah banget itu. Oh iya, LL ini habis keluar dr oven agak kering tp setelah 2 hr gitu sdh lembab. Pernah aku simpan di kulkas 3 minggu masih lembut dan lembab asal pake cling wrap ya.

    ReplyDelete
  5. Hai2 mbak saya datang lagi....:D
    Hari ini mau saya coba resep ini buat lebaran.
    Tapi kayanya mau saya kasih emulsifier dikit krn saya blm pinter ngocok kalo tanpa si emul. bantet mulu hasilnya hehehe....
    tunggu laporan saya nanti yah...tfs :))

    ReplyDelete
  6. Akhirnya jadi juga, mbak..makasih ya..
    walo ada kejadian salah loyang..jadinya tipiss..hehehe
    http://desaids.blogspot.com/2011/08/lapis-legit.html

    ReplyDelete
  7. Selamat Mbak Dini udah berhasil menaklukan lapis legit...

    ReplyDelete
  8. hehe...alhamdulillah mbak. tapi blm bisa secantik bikinan mbak Elly :))

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal Mba Elly,

    Saya Aya, tinggal di Punggol, mba Elly dimana ? :)

    Ohya mba, kemarin saya coba lapis legit, pertama kali, dan guagal hehehe

    Adonan mentega saya kocok sampai fluffy, kemudian dimasukkan ke kocokan telur dan gula yang sudah mengembang menurut saya, lalu saya oven di oven listrik morries, api atas/bawah 170' hasilnya kalo ga gosong masih belum matang (karna kemudian saya kecilkan apinya)

    Akhirnya saya kerjakan sampai adonan habis, hasil akhir, agak keras, tidak mengembang, apa karena over baked ya mba, karena setiap lapisan sepertinya lebih dari 7menit.

    Ohya, setiap saya memasukkan adonan, membuat lapisan, di loyang yang keluar dari oven, itu adonannya langsung meleleh kenapa ya? saya liat2 di utube, adonan tidak meleleh

    Mohon pencerahannya..

    Makasih mba Elly :)

    ReplyDelete
  10. halo Aya...salam kenal juga :-)

    Saya dekat dgn kamu...tetanggaan daerahnya...he..he..
    Saya jelaskan lagi ya cara memanggangnya, pakai api saja sejak awal selama +/- 7 menit suhu 160C - 170C. Suhu oven berbeda tiap2 oven jadi sesuaikan dengan oven mbak Aya ya, kalo di rasa 170C kue sdh gosong, boleh turunkan ke 160C. lakukan tes tusuk tiap lapis tiap selesai manggang. lebih dari 7 menit gak apa-apa asal tidak gosong kuenya. Ratakan tiap lapisan dengan alat penekan lapis supaya tiap lapisan rata hasil akhirnya. Adonan akan sedikit meleleh ( sedikit mencair) itu wajar, karena kena suhu panas. Semoga jelas ya.

    ReplyDelete
  11. Maksud saya pakai api atas sejak awal, lalu api atas bawah untuk lapisan terakhir selama 10 menit.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...